Rabu, 20 Juni 2012

Belajar Karangan Bareng NYUNYU


Halo sahabat-sahabat NYUNYU yang selalu baca artikel-artikel di sini. Kalian emang nggak bosen yah baca terus? Sekali-sekali nulis dong, jangan baca aja. Buat yang pingin banget nulis, NYUNYU pengen nih berbagi ilmu sama kamu semua. NYUNYU kali ini mau nerangin apa itu karangan narasi, deskripsi, dan eksposisi.
1. Karangan Narasi
Karangan narasi itu tulisan yang bercerita. Karangan narasi identik sama kronologi waktu, artinya tulisan kamu itu berurutan waktu kejadiannya. Dalam karangan narasi, biasanya ada tokoh dan juga konflik. Buat contohnya sih gampang, diary adalah salah satu bentuk narasi.
Contoh narasi:
Aku adalah Nyunyu. Setiap hari aku bangun pagi. Habis bangun pagi aku terus mandi, aku juga tidak pernah lupa menggosok gigi. Habis mandi biasanya aku menolong ibu, tapi karena sekarang aku sedang nge-kost dan jauh dari ibu, aku jadi nggak bisa bantu ibu. Pagi ini aku jadi rindu sama ibu. Ibu, ibu apa kabar? *kemudian nangis*

2. Karangan Deskripsi
Karangan deksripsi itu karangan yang menggambarkan. Karangan deskripsi biasanya menjelaskan secara mendetil tentang visualisasi. Misalnya karangan tentang wajah pacar kamu yang matanya bersinar atau alisnya yang tebal.
Contoh karangan deskripsi:
Aku suka handphone-ku. Tombolnya “qwerty” dan ketika kutekan bunyinya “tik tik tik”. Handphone-ku sebetulnya berwarna abu-abu, namun aku kemas handphone-ku dengan pelindung berwarna merah. Layarnya lebar, layarnya aku pasang antigores berwarna hitam dan anti-spy agar tak ada yang kepoin aku. Itulah handphone-ku.

3. Karangan Eksposisi
Karangan eksposisi itu karangan yang menjelaskan sebuah arti. Biasanya tulisan eksposisi ini ada di buku-buku sekolah. Misalnya buku biologi yang isinya menjelaskan apa itu pernapasan dan prosesnya. Atau kalau kamu bikin karangan eksposisi, bikinlah tulisan yang menjelaskan apa itu cinta.
Contoh karangan eksposisi:
Cinta adalah rasa yang menyenangkan. Rasa itu datang ketika dua manusia saling menyukai satu sama lain. Cinta ditandai dengan getar-getar di dada saat bertemu dengan orang yang disukai. Cinta itu adanya di hati. Hati-hati dengan hati karena bermain hati bisa mengorbankan hati sendiri.
Nah, serunya lagi, kalau lagi mengarang (kecuali untuk tugas sekolah) kamu bisa lho menyatukan ketiga bentuk karangan tadi. Jadi tulisan kamu nggak hanya mentok di satu jenis tipe karangan aja. Ya udah, jangan cuma baca aja, mulai deh nulis. Lebih keren lagi kalau setelah nulis berani di kirim ke NYUNYU, kali aja tulisan kamu nulis di website super keren ini.
Selamat mengarang…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar